Beranda > Renungan indah > Gelar Haji

Gelar Haji


Ibadah haji adalah salah satu ritual keagamaan bagi umat Islam. Termasuk dalam rukun Islam kelima yang diwajibkan bagi mereka yang mampu baik dari sisi rohani, jasmani maupun materi.

Setelah menunaikan ibadah haji selalu saja ada penambahan titel alias gelar HAJI dan disingkat “H” pada sebelum penulisan namanya. Mungkin ini semacam penghargaan oleh masyarakat. Namun ada juga yang karena sudah berhaji jika nggak disebut atau ditulis gelar-nya tersebut marah-marah karena merasa nggak dihargai.

Dalam benak saya sebagai kaum biasa ini kok musti ada tambahan gelar H setelah berhaji. Bukankah yang namanya haji adalah ibadah dalam rangka manembah kepada Kanjeng Gusti ALLAH SWT, sama halnya dengan sholat, puasa dan zakat juga merupakan ibadah wajib umat Islam. Lha kok setiap selesai Sholat nggak tambahan “S” sebelum penulisan nama. Atau setelah Zakat tak dikasih gelar “Z” atau “P” setelah selesai puasa. harusnya biar adil kan juga dikasih donk?
heheheee…

  1. Sidik
    11 Agustus 2011 pukul 18:45

    Haji itu kan emang gelar tapi yang ngasih kn tuhan buat mereka yg udah “nyampe” k ka’bah. Lha ini woNg skdar jalan2 k arab minta gelar, emg nyeleneh woNg skrg..

    • 17 Agustus 2011 pukul 00:01

      Bukan nyeleneh menneh kang, tapi wes parah!!! heheheheheeee….

  2. Tanpo aran
    26 November 2011 pukul 11:36

    Orang2 ind di akali orang arab coba kalau orang ind baca suluk wujil dan mencari ka’bah yg sejati akan makmur dan kaya raya bangsa indonesia

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: